Perhatikan 3 Hal Ini Ketika Membeli Properti di Pameran

Jika Anda sedang berniat untuk membeli rumah murah atau menengah yang berharga sekitar 100 hingga 500 juta rupiah, Anda bisa menemukannya di berbagai acara pameran properti yang diselenggarakan.

Pameran ini biasanya akan memamerkan berbagai macam properti mulai dari rumah, tanah, apartemen, ruko, rukan, dan lain sebagainya. Harga rumah yang ditawarkan juga bervariasi. Rumah bersubsidi misalnya, dihargai dengan harga yang berkisar antara 100 jutaan. Ada juga rumah dan apartemen mewah yang harganya bisa mencapai nilai miliaran rupiah.

pameran properti

Namun, bagi Anda yang berencana untuk mencari rumah di pameran, baiknya memastikan beberapa hal sebelum memilih. Terutama bagi Anda yang baru memiliki rumah pertama.

Hal pertama yang harus di perhatikan adalah harga rumah. Pada pameran properti biasanya harga jual rumah didiskon atau mendapat potongan harga. Maka baiknya Anda mengetahui angka pasti dari rumah tersebut. Jadi Anda sendiri bisa menilai apakah rumah tersebut murah atau hanya mendapat sedikit potongan harga.

Untuk mengetahui harga pasaran, Anda bisa melakukan riset dengan membaca media atau bertanya ke pegat properti tentang harga rumah di kawasan tersebut. Selain itu, Anda juga bisa melakukan riset melalui situs jual beli rumah Online seperti www.urbanindo.com. Di situs tersebut terdapat banyak informasi harga properti di suatu kawasan.

Kemudian, Anda a perlu untuk memastikan lokasi dariĀ  rumah tersebut. Apakah kawasan tersebut adalah kawasan yang baik. Memiliki anak fasilitas yang memadai. Mudah diakses. Juga apakah sudah banyak unit yang terbangun di kawasan tersebut.

Hal ini penting untuk memastikan bahwa nantinya kawasan tersebut akan terus berkembang sehingga Anda tidak mengalami kerugian karena kawasan tersebut tidak berkembang secara baik.

Terakhir, Anda harus memastikan pula legalitas rumah yang akan Anda beli. Pastikan bahwa pengembang atau developer telah mengantongi izin untuk melakukan pembangunan di kawasan tersebut dari pejabat setempat. Selain itu pastikan juga status rumah jika nantinya rumah tersebut anda beli. Apakah rumah akan bersertifikat Akta Jual Beli, atau Sertifikat Hak Milik.